Syarat dan Prosedur Membuat Hibah Wasiat

Ketahui beberapa hal yang berkaitan dengan hibah wasiat sebelum membuat surat pernyataan hibah untuk orang-orang yang Anda sayangi.

Bagi orang tua, anak adalah sebaik-baik pewaris hartanya. Harta warisan umumnya diberikan orang tua kepada anak atau kerabat lain saat orang tua sudah tiada. Selain warisan, dikenal pula istilah hibah dan hibah wasiat.

Hal yang membedakan hibah dan hibah wasiat sendiri tidak lain terletak pada waktu penghibahan tersebut. Jika penghibah memberikan sebagian hartanya pada seseorang untuk dimanfaatkan saat ia masih hidup, maka harta tersebut termasuk hibah. Namun, jika harta tersebut baru bisa dihibahkan setelah penghibah wafat, harta tersebut masuk ke dalam kategori hibah wasiat.

Dalam hukum Islam, hibah wasiat memiliki porsi 1/3 dari total nilai harta. Karenanya, Anda mungkin perlu merundingkan pemberian hibah dengan orang-orang yang terpengaruh langsung dari pembagian harta warisan maupun hibah agar kelak tidak terjadi persengketaan. Namun, sebelumnya, kenali syarat dan prosedur pembuatan surat hibah wasiat berikut ini.

 

 

 

 

Syarat membuat hibah wasiat

Dalam hukum Islam, hibah wasiat kedudukannya hampir sama dengan sedekah karena didasarkan atas kesukarelaan dan mengharap rida Tuhan. Harta yang dihibahkan pun dapat berupa uang, benda bergerak, tanah, atau aset lainnya yang nilainya tidak boleh lebih dari 1/3 dari nilai keseluruhan harta yang akan diwariskan. Pemberian hibah wasiat memiliki sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut di antaranya:

  • Pemberi hibah wajib memiliki harta yang akan diberikan secara legal.
  • Harta tersebut harus diberikan dengan rasa tulus dan tanpa paksaan dari pihak manapun.
  • Orang yang akan memberikan hibah wasiat wajib berusia setidaknya 21 tahun, berakal sehat, dan tulus ingin memberikan sebagian hartanya.
  • Harta yang dihibahkan baru dapat dipindahtangankan setelah pemberi meninggal dunia.
  • Pemberian atau pembuatan wasiat dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan dengan kehadiran dua orang saksi.

Ada baiknya pemberian hibah wasiat dibuktikan dengan adanya surat atau akta tertulis yang bertandatangan dan adanya saksi untuk mengonfirmasi kebenarannya. Jika hanya melalui lisan, dikhawatirkan akan menimbulkan kesalahpahaman atau pernyataan yang dilebihkan maupun dikurangi dari yang sebenarnya.

Pemberian hibah wasiat juga harus mendapatkan persetujuan dari pihak-pihak lain yang akan menerima wasiat. Jika wasiat diberikan lebih dari 1/3 keseluruhan harta dan ada salah satu penerima warisan yang keberatan dengan jumlahnya, maka hibah wasiat hanya dapat dilaksanakan dengan jumlah minimumnya, yakni 1/3.

 

 

 

 

Prosedur pembuatan akta hibah wasiat

Berdasarkan KUHPerdata Pasal 839, pembuatan akta hibah wasiat harus dilakukan berdasarkan surat wasiat dan diketahui oleh notaris. Surat wasiat tersebut dapat dibuat dengan tulisan tangan maupun diketik. Surat tersebut kemudian akan disimpan oleh notaris untuk dibuat akta penyimpanan.

Sementara itu, dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 195 ayat 1, hibah wasiat dapat dilakukan secara lisan di hadapan dua orang saksi. Pelimpahan harta tersebut juga dapat dinyatakan secara tertulis dan disaksikan oleh dua orang saksi maupun notaris.

Dalam surat pernyataan hibah wasiat tersebut, pembuat harus menyatakan secara tegas siapa saja yang akan menerima hibah, nilai harta benda, serta hal-hal lain terkait penyerahan harta. Jika hibah wasiat tersebut dibuat secara tertutup atau rahasia, akta atau surat akan disimpan oleh notaris.

Konsultasikan pembuatan hibah wasiat Anda dengan notaris atau praktisi hukum tepercaya. Anda pun dapat meminta bantuan untuk menghitung jumlah harta yang akan diwariskan kepada sanak keluarga maupun kerabat. Pastikan Anda melakukan pembagian harta untuk hibah wasiat tersebut secara adil dan transparan agar tidak menimbulkan permasalahan di masa mendatang.

 

Kami dapat membantu Anda menangani masalah hukum seperti hak waris, hibah wasiat, perceraian, gono-gini, perwalian, dan hak asuh anak? Son Lawyers dapat membantu Anda, konsultasikan masalah Anda kepada kami Hubungi sekarang.

Posted in