Cara Sah dan Legal Dalam Membuat Surat Wasiat

Membuat surat wasiat tak bisa dilakukan sembarangan. Ada aturan hukum yang mengatur pembuatan surat wasiat untuk pembagian warisan di Indonesia.

 

Setiap orang tua selalu menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anaknya. Keinginan tersebut pun mereka miliki tak hanya ketika masih hidup, tetapi juga setelah meninggal dunia sekalipun. Oleh karena itu, orang tua menginginkan anaknya untuk bisa memanfaatkan harta warisan secara bijak.

 

Hanya saja, keberadaan harta warisan seringkali memunculkan efek yang negatif pada anggota keluarga yang ditinggalkan. Alih-alih dilakukan secara adil, pembagian harta warisan kerap menimbulkan perseteruan antara anggota keluarga. Oleh karena itu, orang tua perlu melakukan perencanaan pembagian warisan jauh-jauh hari, caranya dengan menggunakan surat wasiat.

 

 

 

Aturan Hukum Pembuatan Surat Wasiat di Indonesia

Perlu Anda ketahui, ada 3 landasan hukum yang kerap digunakan sebagai dasar dalam pembagian harta warisan di Indonesia. Tiga dasar hukum tersebut adalah hukum waris Islam, hukum waris adat, serta yang terakhir adalah pembagian waris berdasarkan Kitab Hukum Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata) yang dilakukan dengan menyusun surat wasiat.

 

Pembuatan surat wasiat dalam proses pembagian harta warisan, biasanya dilakukan oleh pemeluk agama selain Islam di Indonesia. Meski, tak menutup kemungkinan ada pula muslim yang juga turut menggunakannya. Ada hal-hal yang wajib Anda perhatikan ketika ingin menggunakan metode pembagian harta warisan dengan surat wasiat, yakni:

 

Legitieme portie atau hak mutlak

Sistem pembagian harta warisan berdasarkan KUH Perdata, mengenal adanya legitieme portie atau hak mutlak. Hak mutlak ini memberikan jaminan bagi ahli waris untuk mendapatkan peninggalan dari pewaris. Legitieme portie ini juga menyebutkan jumlah yang harus diterima oleh seorang ahli waris berkenaan dengan statusnya, baik anak kandung ataupun anak di luar perkawinan.

 

 

Bentuk surat wasiat

KUH Perdata menetapkan ada 3 jenis surat wasiat yang diakui keberadaannya, yakni:

  • Wasiat olografis

Wasiat olografis merupakan bentuk surat wasiat yang secara langsung ditulis dan ditandatangani oleh pemberi warisan. Penulisan surat wasiat ini dilakukan dengan tulisan tangan yang kemudian diserahkan kepada notaris.

 

  • Wasiat umum

Surat wasiat umum adalah tipe surat wasiat yang proses pembuatannya ditulis oleh seorang notaris. Surat wasiat umum menjadi jenis wasiat yang paling sering digunakan. Alasannya, karena proses pembuatan surat wasiat disertai dengan adanya nasehat terkait isi wasiat oleh notaris.

 

  • Wasiat rahasia

Surat wasiat rahasia dapat ditulis oleh pihak pemberi waris ataupun orang lain. Hanya saja, surat wasiat ini harus disertai dengan tanda tangan pemberi waris. Selain itu, proses penyerahannya kepada notaris dilakukan dalam kondisi tertutup dan tersegel.

 

 

Saksi surat wasiat

Kehadiran saksi menjadi faktor yang krusial dalam pembuatan surat wasiat yang legal. Saksi diperlukan untuk setiap jenis surat wasiat yang dibuat, baik wasiat olografis, umum, ataupun rahasia. Surat wasiat olografis dan umum, memerlukan kehadiran 2 orang saksi. Sementara itu, surat wasiat rahasia perlu 4 orang saksi.

  • Spousal content atau persetujuan pasangan

Persetujuan pasangan juga menjadi hal yang tak bisa dilewatkan dalam pembagian harta warisan. Apalagi, ketika pembagian warisan itu disertai dengan adanya harta bersama dari pihak istri dan suami.

 

  • Notaris

Faktor terakhir yang harus hadir dalam pembuatan surat wasiat yang sah dan legal adalah tenaga notaris. Surat wasiat yang sudah disusun dan ditandatangani pun harus dititipkan kepada notaris.

 

Itulah cara penyusunan surat wasiat yang sah dan legal menurut aturan hukum di Indonesia. Biar harta warisan tak menimbulkan kerusuhan dalam keluarga, pastikan proses pembagiannya dilakukan secepatnya. Bahkan, kalau perlu orang tua telah melakukan perencanaan jauh-jauh hari.

 

Untuk penyusunan surat wasiat secara sah dan legal, Anda bisa memanfaatkan jasa dari kami, layanan pengacara yang tepercaya dan berkualitas. Hubungi Kami di Son Lawyers

Posted in ,